Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Malang (UM), sukses menyelenggarakan kegiatan Teaching Collaboration bertajuk “Strategi Pembelajaran Inovatif: Meningkatkan Kualitas Pendidikan melalui Pendekatan Kreatif dan Teknologi”. Acara ini berlangsung pada Rabu, 23 Oktober 2024, pukul 08.00 WIB, bertempat di ruang D11 203 FEB UM.

Kegiatan ini menghadirkan Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd., dosen Universitas Negeri Surabaya, sebagai pembicara utama. Dr. Retno berbagi ilmu dan pengalaman mengenai strategi pembelajaran inovatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan pendekatan yang kreatif dan memanfaatkan teknologi, Dr. Retno memberikan wawasan bagaimana para pendidik dapat mengadaptasi metode pengajaran yang sesuai dengan kebutuhan zaman dan lebih efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang interaktif dan bermakna.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang antusias dari mahasiswa, dosen, dan peserta lain yang hadir. Mereka berkesempatan untuk berdiskusi langsung dan mendapatkan pemahaman mendalam terkait implementasi strategi inovatif di bidang pendidikan, yang menjadi salah satu kunci untuk menghadapi tantangan pendidikan di era digital.

Melalui kegiatan ini, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berkomitmen untuk terus mendukung peningkatan kompetensi para pendidik dan calon pendidik, khususnya dalam bidang ekonomi, guna menghasilkan generasi yang unggul dan adaptif terhadap perkembangan teknologi dan kebutuhan industri.


Gambar 1. Flyer Kegiatan

Acara yang diadakan pada 23 Oktober 2024 ini memiliki untuk memberikan wawasan baru bagi mahasiswa mengenai pentingnya strategi pembelajaran yang kreatif dan berbasis teknologi. Dalam paparannya, Dr. Retno menekankan bahwa inovasi dalam pembelajaran sangat penting untuk menjawab tantangan era digital yang terus berkembang. Menurutnya, pendekatan kreatif dan pemanfaatan teknologi mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan efektif. “Pembelajaran inovatif tidak hanya tentang menggunakan teknologi, tetapi juga bagaimana kita sebagai pendidik dapat mengembangkan kreativitas dalam menyajikan materi sehingga siswa lebih tertarik dan termotivasi,” ungkap Dr. Retno. Selain itu, beliau juga memberikan contoh konkret tentang implementasi berbagai platform digital dan metode pembelajaran interaktif yang dapat diterapkan oleh guru untuk meningkatkan keterlibatan siswa. Beberapa strategi yang dibahas meliputi penggunaan media flipbook, pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning), dan evaluasi berbasis SMART yang memungkinkan pembelajaran lebih menyenangkan serta sesuai dengan kebutuhan siswa.


Gambar 2. Pemaparan Materi Kuliah Tamu

Mahasiswa yang hadir dalam kuliah tamu ini mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan Dr. Retno. Mereka juga diajak untuk berpikir kritis mengenai tantangan yang dihadapi dunia pendidikan saat ini dan bagaimana teknologi dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Ketua Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FEB UM, Ro’ufah Inayati, S.Pd., M.Pd., menyatakan bahwa kuliah tamu ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa agar mampu menerapkan strategi-strategi inovatif dalam pembelajaran di masa mendatang.


Gambar 3. Interaksi dengan Peserta Kuliah Tamu

“Mahasiswa calon guru harus peka terhadap perubahan dan perkembangan teknologi dalam pendidikan. Melalui kuliah tamu ini, kami berharap mahasiswa mendapatkan pengetahuan baru yang dapat diaplikasikan dalam dunia nyata,” jelas Bu Ro’ufah. Acara ini ditutup dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana mahasiswa sangat antusias untuk mengetahui lebih lanjut tentang penerapan strategi inovatif dalam berbagai konteks pendidikan. Kuliah tamu ini menjadi bagian dari upaya Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi EKP FEB UM dalam mendukung tercapainya pendidikan berkualitas sesuai dengan tujuan SDGs, khususnya SDG 4: Pendidikan Berkualitas (SH).


Gambar 4. Tanya Jawab dengan peserta