Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang (FEB UM) kembali menghadirkan program kolaborasi mengajar yang pada mata kuliah Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Ekonomi pada 20 Mei 2024. Program ini telah berlangsung selama 3 bulan mulai dari 20 Maret hingga 20 Mei 2024, bertempat di Gedung D8, FEB UM. Penyelenggaran kolaborasi ini dilakukan secara hybrid online dan offline. Kegiatan ini menghadirkan Badrus Sholeh, Ph.D., Atase Pendidikan di Riyadh, Arab Saudi, sebagai pengajar utama. Dengan latar belakang pengalaman internasional di dunia pendidikan, Badrus Sholeh memberikan wawasan mendalam mengenai evaluasi dalam proses pembelajaran khususnya di bidang ekonomi. Kolaborasi mengajar ini merupakan upaya untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam memahami dan mengevaluasi hasil belajar ekonomi secara lebih komprehensif.


Gambar 1. Flyer Kegiatan


Gambar 2. Kegiatan Kolaborasi Mengajar secara online

 

Gambar 3. Pelaksanaan Kolaborasi Mengajar on Site (Offline/Tatap Muka)

Kegiatan ini dilakukan kepada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi offering E untuk memberikan pengalaman baru terkait evaluasi pembelajaran yang dilakukan di Pendidikan Luar Negeri seperti Sekolah Indonesia Riyadh, Arab Saudi. Melalui program ini, para peserta akan belajar lebih dalam tentang metode evaluasi proses dan hasil belajar yang aplikatif dalam konteks pendidikan ekonomi dikaitkan dengan kondisi global.


Gambar 4. Pelaksanaan Kolaborasi Mengajar

Kolaborasi ini dapat memberikan wawasan baru kepada mahasiswa tentang pentingnya pendekatan evaluasi yang sesuai dengan standar pendidikan internasional, sekaligus memperkaya kemampuan mereka dalam menerapkan evaluasi yang relevan di lingkungan pendidikan nasional. Para peserta juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan analitis dalam mengevaluasi hasil pembelajaran secara lebih efektif dan komprehensif.


Gambar 5. Pelaksanaan Kolaborasi Mengajar

Acara ini menjadi momentum penting bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi untuk mendapatkan pandangan global terkait evaluasi pendidikan, sekaligus mempersiapkan mereka dalam menghadapi tantangan pendidikan di era globalisasi. Dengan demikian, kolaborasi ini akan menjadi wadah pengembangan kompetensi mahasiswa yang lebih luas dan mendalam (SH).