Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk peningkatan mutu adalah benchmarking. Benchmarking merupakan upaya mengukur kebijakan, strategi, program, dan hal lainnya dengan cara membandingkannya dengan pihak lain yang bergerak pada bidang yang sama. Tujuannya, agar bisa mendapatkan informasi tentang bagaimana dan bagian apa saja yang harus di evaluasi dalam upaya meningkatkan performa, produktivitas, memperbaiki kualitas dan pelayanan dalam suatu unit kerja.
Benchmarking dapat memberikan hasil dalam meningkatkan kinerja lembaga yang baik (Kurniawan, 2020). Rencana benchmarking dirumuskan melalui perencanaan yang komprehensif dan pembangunan tim. Pelaksanaan benchmarking dirumuskan dengan memilih dan mengadaptasi hasil benchmarking dengan mempertimbangkan kondisi unit kerja. Pengendalian benchmarking dalam meningkatkan kinerja di kedua lembaga tersebut dilakukan melalui komunikasi yang baik antara pimpinan, bawahan, dan seluruh pemangku kepentingan pendidikan. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan kinerja dan mutu akademik Departemen Ekonomi Pembangunan, kegiatan benchmarking sangat perlu untuk dilakukan mulai dari proses Perencanaan, Pelaksanaan, Evalusi, Pengendalian, sampai dengan Peningkatan (PPEPP).
Tujuan dari kegiatan benchmarking kali ini adalah Univesitas Gajahmada, Yogyakarta yang telah mendapatkan akreditasi nternasional AACSB, the Association to Advance Collegiate Schools of Business. AACSB adalah lembaga akreditasi sekolah bisnis tertua di dunia berbasis di Amerika Serikat. Dari ribuan sekolah bisnis yang ada di dunia, hanya 5% saja yang berhasil mendapatkan sertifikat akreditasi AACSB. Di kawasan ASEAN hanya terdapat ada 18 sekolah bisnis yang sudah terakreditasi dan di Indonesia baru 4 universitas yang berhasil mendapatkan akreditasi AACSB yaitu: (1) UGM; (2) UI; (3) ITB; dan (4) Binus Business School. Proses pemerolehan akreditasi tersebut dilakukan dengan melalui 16 tahapan, dan 21 standart. Standart tersebut meliputi: mission statement; Mission appropriateness; Student mission; Continuous improvement objectives; Financial strategies; Admission policy; Academic standard and student retention practices; Staff sufficiency-student support; School sufficiency; Faculty qualifications; School management support; Aggregate School and Staff Educational Responsibility; Individual school responsibility; Student educational responsibility; Management curricula; Bachelor’s Undergraduate Level Degree: Knowledge and Skills; Sc. Degree: Time, Student Efforts,and Sufficient Faculty Interaction; Master’s Level General Management Learning Goals; Master’s Level Degree in Specialized Programs: Knowledge and Skills; Master’s Education Level; dan Doctoral Learning goals. (SM)