Tim pengabdian Departemen Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Malang telah melaksanakan workshop dengan peserta yang terdiri dari Guru MGMP Ekonomi Kota Blitar pada tanggal 14 Agustus 2024. Workshop ini merupakan serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM) dengan judul ‘Reintegrasi MGMP dan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang Evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis SMART di Era Merdeka Belajar’. Pengabdian ini diketuai oleh Sri Handayani, S.Pd., M.Pd., Ph.D. dengan Putra Hilmy P., S.Pd., M.Pd. dan Annisya’, S.Pd., M.Pd. sebagai anggota pengabdian. Sedangkan mitra dalam kegiatan PKM ini adalah Dian Eka Prasastianta, M.Pd. yang merupakan anggota dari MGMP Ekonomi Kota Blitar.
Banner dan Flyer Kegiatan Pengabdian “Reintegrasi MGMP dan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang Evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis SMART di Era Merdeka Belajar”
Pemaparan Materi pada kegiatan pengabdian yang berjudul “Reintegrasi MGMP dan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Merancang Evaluasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis SMART di Era Merdeka Belajar’
Tujuan utama dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam merancang evaluasi pembelajaran yang berbasis SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound). Tujuan tersebut didasari dengan permasalahan yang berkaitan dengan profesionalisme guru MGMP Kota Blitar. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh mitra, permasalahan yang dialami diantaranya adalah kurang efektifnya pertemuan MGMP Ekonomi Kota Blitar karena topik diskusi yang hanya sebatas pada perencanaan proses pembelajaran, minimnya akses informasi yang berkaitan dengan evaluasi proses dan hasil belajar, serta belum adanya sosialisasi evaluasi berbasis SMART.
FGD dan Diskusi Kelompok Peserta MGMP Ekonomi dalam merancang alat evaluasi berbasis SMART
Workshop dan pelatihan bagi guru menjadi solusi yang ditawarkan oleh tim pengabdian, dimana dirancang dengan mencakup enam aspek utama. Pertama pemahaman konsep evaluasi pembelajaran berdiferensiasi dan prinsip SMART, kedua pengenalan alat dan digital platform yang mendukung, ketiga membantu guru dalam merancang strategi pembelajaran berdiferensiasi, keempat pengembangan instrumen evaluasi, kelima pelatihan terkait analisis data dari hasil evaluasi, dan yang terakhir adalah mengintegrasikan pelatihan dan workshop dalam program pengembangan profesional berkelanjutan. Kegiatan workshop yang telah dilaksanakan oleh tim pengabdian termasuk dalam kategori Sustainable Development Goals (SDGs) 4 Quality Eduation, yaitu menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua. Khususnya sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas guru mata pelajaran ekonomi (SH).