Departemen Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri malang saat ini sangat memperhatikan kebutuhan akademis mahasiswa untuk memasuki dunia kerja. Salah satu program yang dilaksanakan adalah dengan melaksanakan sertifikasi yang dimaksudkan untuk mendukung skill mahasiswa dalam dunia kerja dimana saat ini dunia kerja sangat akrab dengan teknologi yang harus dikuasai oleh masing-masing individu. Oleh karena itu, dalam meningkatkan kemampuan teknologi digital dan penguatan daya saing mahasiswa, Departemen Ekonomi Pembangungan mengadakan sertifikasi kompetensi professional digital marketing yang bekerja sama dengan LIBMI Education Center.
Kegiatan Sertifikasi Digital Marketing merupakan salah satu program yang dilaksanakan oleh Departemen Ekonomi Pembangunan. Sertifikasi ini bertujuan untuk membekali keterampilan mahasiswa di bidang marketing. Dimana saat era modern seperti ini, peran digitalisasi sangat penting untuk menunjang kegiatan terutama di bidang marketing. Disamping itu, dengan pelaksanaan sertifikasi ini, memberikan pengalaman dan skill bagi mahasiswa yang menggeluti bidang kewirausahaan untuk semakin menunjang kinerja.
Sertifikasi digital marketing yang dilaksanakan oleh Departemen Ekonomi Pembangunan ini selain melaksanakan Uji Kompetensi juga melaksanakan workshop persiapan Ujikom selama 3 hari. Adapun pemateri dalam kegiatan ini mengambil dari tokoh yang kompeten di bidang digital marketing dan penerapan digital marketing di lapangan. Pemateri tersebut adalah Drs. Nur Hadi Bahri yang merupakan pakar digital marketing dari LIBMI education center menejadi pemateri pertama yaitu pada tanggal 30 mei 2022. Beliau menjelaskan tentang peran digital marketing dalam pemasaran. Diawali dengan materi dan dilanjutkan dengan praktek pemanfaatan internet sebagai media untuk melakukan pemasaran digital. Selanjutnya pada hari ke-2 yaitu tanggal 31 Mei 2022, pemateri workshop adalah Bapak Muh. Salahudin Ayubi sebagai pelaku usaha yang memanfaatkan digital marketing menjelaskan bagaimana membuat peluang pemasaran melalui media digital. Beliau juga merupakan salah satu pakar yang telah tersertifikasi digital marketing. Pemateri pada hari ketiga tanggal 2 Juni 2022 yaitu Rinny ZakariaS.E., M.E. Materi beliau adalah bagaimana mengambil peluang berdasarkan segmen pasar dilihat dari sisi Ekonomi.
Ekonomi pembangunan bekerja sama dengan LIBMI Education Center melaksanakan sertifikasi digital marketing sekaligus pembekalan tentang materi yang berhubungan dengan digital marketing. Kegiatan ini diikuti oleh 50 mahasiswa Departemen Ekonomi Pembangunan. Rangkaian kegiatan ujikom sertifikasi digital marketing ini dibagi menjadi sesi sinkron dan asinkron. Sesi sinkron melalui zoom untuk mendengarkan pemaparan dan penjelasan dari pemateri tentang materi digital marketing. Sedangkan sesi asinkron dilakukan dengan memanfaatkan Learning Management System berupa Google Classroom. Berikut beberapa record peserta saat melakukan kegiatan digital marketing. Berikut beberapa record peserta saat melakukan kegiatan digital marketing. (NI)