Universitas Negeri Malang pada hari Sabtu, 8 Juni 2024 mengadakan kegiatan Pelatihan Mix Marketing Strategy Pengabdian Kepada Masyarakat: Intensifikasi Produktivitas Kelompok UMKM Klampok Kasri Melalui Inovasi Produk dan Mix Marketing Strategy. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari komitmen Universitas Negeri Malang untuk meningkatkan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan pelatihan Mix Marketing Strategy dan mendukung upaya perwujudan dari SDGs 1 yaitu tentang pengurangan kemiskinan. Acara ini menghadirkan narasumber Evania Yafie, S.Pd., M.Pd., Ph.D. dari Universitas Negeri Malang serta Annisya’, M.Pd dari Universitas Negeri Malang. Dengan pengalaman luas dalam bidang kewirausahaan, Evania Yafie, S.Pd., M.Pd., Ph.D. berbagi ilmu tentang strategi dalam mengelola suatu UMKM untuk meningkatkan produktivitas UMKM. Selain itu, dengan pengalaman luas dalam bidang marketing, Annisya’, M.Pd berbagi ilmu tentang inovasi produk dan mix marketing strategy yang dapat dilakukan UMKM sebagai salah satu cara pemasaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas UMKM.

Dalam kegiatan pelatihan, Evania Yafie, S.Pd., M.Pd., Ph.D. menyampaikan berbagai topik penting tentang peningkatan produktivitas UMKM, yakni Organization Management Based Community (OMC) untuk pelestarian dan regenerasi budaya di Masyarakat Klampok Kasri Jaman Bien. Selain itu, Annisya’, M.Pd juga menyampaikan berbagai topik penting tentang marketing strategy, yakni intensifikasi produktivitas kelompok UMKM Klampok Kasri melalui inovasi produk dan mix marketing strategy.

Rektor Universitas Negeri Malang, Prof.Dr.Hariyono, M.Pd. Dalam sambutannya menyampaikan, “Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Universitas Negeri Malang untuk mengadakan pengabdian kepada masyarakat di sekitar kampus sehingga kampus juga memiliki peran dan kontribusi kepada masrakat di lingkungan sekitar kampus. Kami berharap pelatihan ini, para peserta dapat memperoleh wawasan dan pengetahuan yang bermanfaat untuk peningkatan produktivitas Kelompok UMKM Klampok Jaman Biyen (KJB).

Kegiatan ini mendapat sambutan hangat dari anggota kelompok UMKM Klampok Jaman Biyen, peserta yang hadir turut aktif berpartisipasi dalam sesi tanya jawab. Salah satu peserta, Agus, menyatakan, “Pelatihan ini sangat bermanfaat karena dengan acara ini kami jadi mengetahui pemasaran yang baik dan pengaturan SDM yang baik itu bagaimana. Dengan suksesnya acara ini, Universitas Negeri Malang berencana untuk terus mengadakan kegiatan serupa di masa mendatang. Diharapkan, melalui program-program pengabdian seperti ini, pada akademisi di Universitas Negeri Malang dapat semakin berkontribusi dalam dunia pengabdian kepada masyarakat dan meningkatkan reputasi Universitas.