Tim pengabdian dari Departemen Ekonomi Pembangunan, Universitas Negeri Malang yang diketuai oleh Sri Handayani, S.Pd., M.Pd., Ph.D. melaksanakan pengabdian dengan skema Program Kemitraan Masyarakat Luar Negeri (PKMLN) pada tanggal 24 s/d 30 Juli 2024. Dengan beranggotakan dua dosen departemen (Dr. Inayati Nuraini Dwiputri, S.Si., M.Sc., dan Andy Prasetyo Wati, S.Pd., M.Pd., Ph.D.), pengabdian ini terdiri dari International Community Service dengan topik ‘Optimizing Teacher Competencies in Designing Learning and Process Evaluation to Foster Student Global Literacy in Riyadh, Saudi Arabia’, dan Global Partnership dengan topik ‘Fostering Global Excellence: Building Educational Bridges through a Partnership with Sekolah Indonesia Riyadh (SIR)’. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim dengan melibatkan Bapak Badrus Sholeh, M.A., Ph.D. yang merupakan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atikbud) KBRI Riyadh dan Bapak Mustajib, S.Pd., M.Pd. selaku Kepala Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) sebagai mitra pengabdian.

Penjelasan materi pengabdian oleh Sri Handayani, S.Pd., M.Pd., Ph.D

Dilatarbelakangi oleh fluktuasi jumlah peserta didiknya yang sangat bergantung pada para pegawai KBRI dan WNI Riyadh, ditambah dengan beban atau tuntutan guru yang harus mengajar pada multi level, multi kelas, dan keharusan untuk meningkatkan literasi global peserta didik. Tim pengabdian menginisiasi adanya International Community Service dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru di Sekolah Indonesia Riyadh (SIR) melalui beragam rancangan desain evaluasi berbasis literasi global siswa, memperkuat hubungan antarbudaya dan memperluas pemahaman lintas budaya, serta pengembangan keterampilan dengan memberikan kesempatan bagi peserta pengabdian melalui pengalaman. Kemudian Global Partnership juga dilaksanakan oleh tim dengan tujuan untuk mengembangkan jaringan dan kemitraan internasional yang kuat yang mendukung program akademik, penelitian, maupun pengembangan komunitas; pengembangan program pendidikan bersama sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Riyadh sekaligus memperkenalkan perspektif global; serta mendorong kesempatan pertukaran pelajar dan dosen antar institusi di Riyadh dan mitra internasional.

Penjelasan materi pengabdian oleh Sri Handayani, S.Pd., M.Pd., Ph.D

Pengabdian ini merupakan salah satu langkah kongkrit dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya di Sekolah Indonesia Riyadh, Arab Saudi. Tujuan ini relevan dengan Sustainable Development Goals (SDGs) 4 Quality Eduation, yaitu menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua. Sub poin SDGs 4 yang menjadi bagian dari kegiatan ini diantaranya literasi dan numerasi universal, serta meningkatkan pasokan guru yang berkualitas di negara berkembang.

Penjelasan materi pengabdian oleh anggota tim pengabdian Dr. Inayati Nuraini Dwuputri.

Penjelasan materi pengabdian oleh anggota tim pengabdian Andy Prasetywati, Ph.D

Diskusi dan FGD Penyusunan Alat Evaluasi Pembelajaran

Penyerahan Sertifikat dari Mustajib, S.Pd., M.Pd. (Kepala Sekolah Indonesia Riyadh, Mitra Pengabdian) Kepada Sri Handayani, S.Pd., M.Pd., Ph.D. (Ketua Pengabdian)

Metode Focus Group Discussion (FGD) dan pendampingan digunakan oleh tim untuk merealisasikan tujuan International Community Service. Ketua dan anggota pengabdian melaksanakan FGD dengan topik sosialisasi terkait profesionalisme guru di era R.I 4.0, literasi global, serta perangkat pembelajaran dan rancangan evaluasi yang berfokus pada kerangka literasi global. Kemudian untuk memberikan ilustrasi yang lebih konkrit, tim pengabdian menyusun dan mengenalkan buku yang berjudul ‘Peningkatan Global Literacy Siswa: Pemberdayaan Kompetensi Guru melalui Penyusunan Evaluasi Pembelajaran Kerangka Merdeka Belajar’ yang didalamnya berisikan konsep, alat evaluasi, sampai dengan implementasi dari pengembangan alat evaluasi yang berorientasi pada peningkatan literasi global peserta didik (SH).

Bersama peserta pengabdian, kepala sekola dan bapak Atase Pendidikan Riyadh, Arab Saudi

Penyerahan sertifikat kepada peserta kegiatan